Bermain Balapan Bebek

Editor: Rino Jefriansyah, S. S.

 

Balapan Bebek! Artinya kurang lebih begitu ketika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Tapi kali ini, kita tidak akan membahas arti dari permainan tersebut. Melainkan membahas bagaimana cara bermainnya.

Masih ingat sama pembahasan playroom yang sudah saya buat podcast-nya bersama mas Hendra? di tulisan dan podcast tersebut telah saya jelaskan bahwa playroom ini banyak sekali permainannya yang bisa kita mainkan. Ya salah satunya yang akan saya bahas untuk visitor semuanya. Yaitu, Duck Racing.

Di dalam permainan Balapan Bebek ini, konsepnya gak terlalu sulit. Pemain hanya disuruh menggulirkan dadu. Kemudian, dadu ini yang akan menentukan paara pemain akan maju ke square berapa sesuai dengan hasil angka dadu yang pemain lemparkan. Sebagai contoh, jika pemain ada di square 1 dan dadu yang di lempar menghasilkan angka 4, maka pemain akan maju ke square 6 atau ke kotak 6.

Selain itu, di dalam permainan Balapan Bebek ini, juga ada feather dan kartu-kartu yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Di bawah ini, saya akan menjelaskan fungsi dari feather dan kartu secara singkat. Tujuannya, agar mudah dipahami.

Apa Itu Feather?

Feather atau bulu adalah nyawa si bebek itu sendiri. Yang berfungsi untuk bisa memainkan kartu yang ada dan menghindari dari frozen atau beku si bebeknya. Di samping itu juga, feather ini akan berkurang atau bertambah jika pemain menginjak square tertentu. Feather ini bisa dikurangi oleh lawan visitor dengan cara mempergunakan kartu khusus dan mendorong visitor ke square tertentu oleh lawan. Maka dari itu, kewajiban para pemain untuk menjaga feather-nya agar tetap stabil biar tidak beku bebeknya sangat diperlukan. Untuk menjaga feather ini, para pemain bisa mendapatkan feather tambahan dari square tertentu ataupun dari menjawab pertanyaan acak ketika pertanyaannya muncul.

Baca Juga:  Tips Singkat Meminimalisir Budaya Tanpa Tanda Baca Dikalangan Difabel Netra

Apa Itu Card?

Card atau kartu difungsikan untuk menghambat lawan ataupun menolong visitor supaya bisa lebih baik dari lawan. Kartu-kartu tersebut bisa didapatkan dari square tertentu atau juga dapat mencuri dari lawan dengan mempergunakan kartu khusus. Oh iya, saat permainan balapan bebek ini dimulai, visitor biasanya akan diberikan kartu default secara acak. Masing-masing pemain hanya diberikan 3 kartu saja.

Konsep Permainan

Gak terlalu sulit untuk memainkan permainin ini. Karena, tugas kita adalah bagaimana cara agar menggapai garis finish lebih cepat daripada lawan-lawan visitor. Di Duck Racing ini, terdiri dari 30 kotak dan dihitung satu putaran apabila kita sukses melewati 30 kotak tersebut. Visitor bisa mengatur berapa putaran dalam satu kali permainan saat permainan akan dimulai.

Square dan Kartu-Kartu Khusus

Square atau kotak-kotak ini bisa visitor pasang dengan jebakan untuk menghambat lawan visitor dengan kartu-kartu khusus yang visitor punya. Setiap kartu biasanya memiliki efek-efek tertentu dan akan mengurangi feather visitor tergantung kartu itu membutuhkan berapa feather.

Harus visitor ingat, ada beberapa kartu juga yang bisa mencelakakan visitor sendiri. Oleh sebabnya, sebelum mempergunakan kartu-kartu tersebut, visitor bisa melihat fungsi-fungsi kartunya yang akan dijelaskan nanti.

Baca Juga:  Catatan Mas Prima Soal Didi Kempot

Lap

Lap atau putaran ini juga yang akan menentukan posisi menang atau kalahnya pemain. Dari lap ini, kita bisa tahu siapa yang unggul atau yang tertinggal.

memulai Permainan

Jika Visitor sudah mengerti dan memiliki akun di playroom, visitor terlebih dahulu buka playroom-nya dan login. Tetapi jika visitor belum mempunyai akun, coba masuk

sini

untuk mengetahui cara membuat account dan navigasi basic di playroom.

Setelah visitor berhasil login, silahkan cari Create a new table dan cari Duck Racing. Bagi visitor yang bukan table master, visitor bisa bergabung ke permainan ini melalui Join a table. Lalu, cari Duck Racing dan visitor bisa memilih mau gabung ke table mana yang sudah dibuat oleh orang-orang.

Untuk Table master, sebelum memulai permainan, ada beberapa aturan yang harus diatur. Berikut aturan-aturannya:

  1. Setelah table terbuka, untuk memulai permainan bisa menekan enter. Akan keluar beberapa konfigurasi:
  2. Select the board to use. Silahkan pilih board yang tersedia;
  3. How many thinking time to give for quiz questions? Ini untuk menentukan detik berapa lama untuk menjawab pertanyaan;
  4. How many laps around the board to play this game in? Nah, aturan ini untuk mengatur berapa lap permainan ini. Paling rendah 3 laps. Sedangkan paling tingginya 10 laps.

Kalau semuanya sudah diatur, maka permainan bisa dimulai. Oh iya, sebagai informasi tambahan, Balapan Bebek ini hanya bisa di mainkan minimal oleh 2 players dan maksimal 10 players. Jika visitor tidak ada teman bermain, visitor bisa menambahkan bot untuk bermain dengan menekan huruf b sebelum permainan dikonfigurasi.

Baca Juga:  InfiArtt Podcast Sharing Online 01 - Cloud Vision & LION NVDA Add-Ons - June 30, 2020

Daftar Perintah

  • Tekan huruf c Untuk melihat statistik visitor. Seperti berapa feather yang tersisa, sudah di square berapa, sudah berada di lap berapa, dan terakhir ada di posisi keberapa bebek visitor saat ini;
  • Tekan huruf d untuk mendapatkan deskripsi detail dari fungsi-fungsi kartu;
  • Tekan huruf v untuk membuka daftar square dan melihat jebakan-jebakan apa saja yang sudah dipasang. Juga bisa di pergunakan untuk melihat kemungkinan dari masing-masing square;
  • Tekan huruf t untuk mengetahui giliran siapa yang bermain;
  • Tekan huruf r untuk melihat aturan permainan yang sudah diatur oleh table master.

Jika konsep dan daftar perintahnya sudah diketahui, maka visitor sudah siap bermain sekarang! Jangan lupa di bagian bawah dari artikel ini, saya juga memberikan satu podcast untuk memperjelas permainan Duck Racing ini. bersama mas-mas ganteng.

Apabila visitor mempunyai saran atau kritikan yang membangun untuk tulisan saya ini, komen aja ya. Karena saya sadar, tulisan ini baru bagi saya. Selama ini, saya kebanyakannya main di audio, sehingga mungkin aja penjelasannya malah gak bisa dipahami oleh visitor semuanya.

Thanks udah membaca. Jangan lupa, buat di-share juga si tulisan ini agar visitor gak main balapan bebeknya sendirian. Terakhir, nah dengarkan podcast-nya di

See you next time all dan jangan pernah berhenti untuk belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *