WorldVoice, ADD-ONS NVDA PENGGANTI DRIVER VOCALIZER

Hai! Siapa nih di antara teman-teman yang membaca tulisan ini, menggunakan Vocalizer sebagai Synthesizer utamanya?
Dan vocalizer apa yang biasa sering teman2 gunakan?
Nah, menurut teman2, lebih nyaman mana antara salah satu versi vocalizer? Kan ada banyak tuh.
Atau untuk sebagian orang, lebih nyaman menggunakan vocalizer dari screen reader jaws, yang dibuat oleh Freedom Scientific?

Saat saya membaca tulisan mas Muhammad Gagah yang di-posting di akun Facebook-nya, saya sedikit berpikir, postingan apakah ini? Semakin dibaca dan diperhatikan dengan seksama, ternyata postingan tersebut menjelaskan tentang add-ons WordVoice yang kegunaannya sangat luar biasa.
Pada tulisan kali ini, saya akan coba menjelaskan dan memandu Infi Friend tentang bagaimana menggunakan add-ons ini. Pun yang tak kalah seru, kita juga akan belajar bagaimana cara membuat custom data suara yang nantinya bisa Infi Friend bagikan kepada orang lain, sesuai data suara yang telah Infi Friend masukkan.
Perlu diperhatikan, tutorial ini dibuat khusus untuk Infi Friend yang sudah mengerti cara memasang add-ons di NVDA, memasang program di windows, dan paham cara menggunakan software winRar atau sejenisnya.

 

Apa Itu WorldVoice?

 

WorldVoice adalah add-ons NVDA yang dikembangkan oleh Tseng Woody yang bertujuan untuk memudahkan orang-orang dalam mempergunakan Synthesizer di NVDA, dengan data suara yang bisa diambil dari vocalizer versi 1 atau vocaliser versi 2.
WorldVoice berbentuk driver seperti vocalizer yang selama ini kita ketahui, tetapi driver ini memerlukan core agar vocalizer versi 1 dan 2 bisa berjalan pada NVDA.
Selain itu, bagi Infi Friend yang terbiasa menggunakan vocalizer dari JAWS, dengan driver WorldVoice ini, vocalizer tersebut bisa dijalankan cukup dengan meng-install data suaranya saja, yang bisa di-download dari website Freedom Scientific.

 

Memasang dan Menjalankan worldVoice di NVDA

 

Infi Friend, melalui tulisan ini, saya akan bahas beberapa tahapan untuk memasang driver WorldVoice pada NVDA, serta akan dijelaskan juga beberapa cara pemasangan, tergantung dengan kenyamanan Infi Friend ingin memakai cara yang mana.
Silakan simak secara teliti setiap tahapannya di bawah ini. Sebelum itu, Infi Friend bisa mengunduh driver WorldVoice yang sudah ada core-nya, jadi Infi Friend tidak perlu lagi mencari secara terpisah, karena sudah di-include-kan dengan driver ini.
Unduh driver WorldVoice3.2 dari sini.

Baca Juga:  InfiArtt Podcast Sharing Online 01 - Cloud Vision & LION NVDA Add-Ons - June 30, 2020

 

Menjalankan WorldVoice Dengan Data Suara Dari Vocaliser

 

Jika Infi Friend telah mengunduh WorldVoice di atas, pasanglah driver tersebut seperti biasanya saat memasang add-ons pada NVDA. Berikutnya, unduh data suara vocalizer yang akan digunakan. Di bawah ini, ada 2 versi data suara vocalizer yang bisa diunduh.
Unduh data suara vocalizer1
Unduh data suara vocalizer2.
Setelah Infi Friend masuk ke salah satu website di atas, silakan pilih data suara yang ingin diunduh. Jika pengunduhan sudah selesai, lakukan pemasangan data suara tersebut seperti Infi Friend memasang add-ons pada NVDA.
Terakhir, silakan tekan ctrl+NVDA+s, kemudian pilih WorldVoice dari daftar TTS yang tersedia. Lalu, untuk mengubah suara WorldVoice, Infi Friend cukup pergi ke ctrl+NVDA+v, pada bagian voice silakan pilih data suara yang sudah dipasang sebelumnya.

 

Menjalankan WorldVoice Dengan Data Suara Dari Vocalizer Freedom Scientific

Seperti yang kita ketahui, Freedom Scientific juga memiliki data suara vocalizer yang biasa dijalankan dengan pembaca layar JAWS. Nah, Infi Friend tidak perlu memasang JAWS untuk bisa menjalankannya, cukup unduh data suaranya saja melalui website di bawah.
Unduh data suara vocalizer dari sini.
Setelah pengunduhan selesai, Infi Friend cukup pasang data suara tersebut seperti memasang software di windows, lalu restart NVDA jika pemasangan sudah selesai.
Terakhir, silakan tekan ctrl+NVDA+s, kemudian pilih WorldVoice dari daftar TTS yang tersedia. Lalu, untuk mengubah suara WorldVoice ke data suara yang telah dipasang sebelumnya, Infi Friend cukup lakukan cara yang sama seperti di atas.

 

Memasang Data Suara Secara Manual

 

Memasang Data Suara Secara Manual
Di bagian ini, Infi Friend juga bisa melakukan pemasangan data suara secara manual, ya itu dengan cara mengekstrak data suara dari vocalizer1 dan vocalizer2.
Cara ini tidak bisa dilakukan untuk data suara yang diunduh dari Freedom Scientific, kecuali dengan meng-copy data suara tersebut dari “C:\ProgramData\Freedom Scientific\VocalizePrExpressive\2.2\languages”. Di dalam folder tersebut akan ada kode bahasa yang bisa di-copy, nantinya. kode bahasa ini tergantung data suara yang dipasang. Misalnya, untuk bahasa Indonesia, kode bahasanya adalah “id”.
Bagaimana cara mengekstrak data suara dari vocalizer1 atau vocalizer2?
Untuk melakukan ekstrak data suara dari vocalizer1 dan vocalizer2, Infi Friend harus mengunduh data suaranya terlebih dahulu dari laman pengunduhan di atas. Setelah selesai diunduh, ubahlah ekstensi file “.nvda-addon” menjadi “.zip”, kemudian ekstrak file tersebut.
Selanjutnya, masuk ke dalam folder hasil ekstrak tadi, kemudian cari folder kode bahasa yang ingin di-copy, misalnya “id”.
Jika Infi Friend sudah memahami cara pengambilan data suara, sekarang copy folder kode bahasa tersebut ke “C:\Users\%username%\AppData\Roaming\nvda\WorldVoice-workspace\VE”.
Cara mudahnya, Infi Friend bisa membuka run dengan menekan window+r, lalu ketikkan “%appdata%” (tanpa tanda kutip) dan masuk ke dalam folder nvda\WorldVoice-workspace\VE.
Terakhir, silakan tekan ctrl+NVDA+s, lalu pilih WorldVoice dari daftar TTS yang tersedia. Lalu, untuk mengubah suara WorldVoice ke data suara yang telah dipasang sebelumnya, Infi Friend cukup lakukan seperti cara yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga:  Belajar menggunakan QuentinC's Gameroom (game online bagi tunanetra)

 

 

Membuat Custom Data Suara Dengan Driver WorldVoice

 

Rasanya akan lebih mudah jika saat melakukan pemasangan driver worldVoice dan bisa langsung include dengan data suaranya, bukan?
Dengan custom data suara ini, Infi Friend bisa memasukkan data suara sesuai kebutuhan, pun tidak perlu lagi memasang data suara dari vocalizer1, vocalizer2 dan vocalizer dari Freedom Scientific.
Pertama-tama, pastikan Infi Friend telah mengunduh driver WorldVoice di atas, kemudian ubahlah ekstensi “.nvda-addon” ke “.zip”, dan ekstrak file tersebut.
Berikutnya, masuk ke dalam folder WorldVoice3.2 yang sudah diekstrak, temukan folder core. Di dalam folder core akan ada file “VE.zip”, lakukan ekstrak pada file tersebut.
Lanjutkan langkah berikutnya dengan meng-copy folder kode bahasa ke dalam folder “VE” yang sudah diekstrak sebelumnya. Kode bahasa ini bisa didapatkan dengan mengekstrak vocalizer1 dan vocalizer2, atau mengambil data suara dari vocalizer Freedom Scientific yang sudah dipasang sebelumnya.
Jika folder kode bahasa sudah selesai di-copy, di dalam folder “VE” tersebut silakan tekan ctrl+a untuk melakukan select all pada seluruh file/folder, lalu buat archive kembali ke dalam format zip.
Hasil archive harus berupa “VE.zip” dan copy file tersebut ke dalam folder core. Jika di dalam folder core masih ada “VE.zip” yang lama, sebelum melakukan copy file “VE.zip” yang baru, hapuslah terlebih dahulu.
Selanjutnya, folder VE yang terletak di dalam folder core dihapus saja. Jadi, di dalam folder core tersebut hanya ada 1 file, yaitu “VE.zip” yang sudah ada data suaranya.
Langkah berikutnya, Infi Friend harus kembali ke folder WorldVoice3.2, tekan ctrl+a untuk melakukan select all pada seluruh file/ folder, lalu buat archive kembali ke dalam format zip, dan ubahlah extensi “WorldVoice3.2.zip” ke “.nvda-addon”.
Terakhir, coba install driver WorldVoice yang sudah ada data suaranya tersebut, dan jalankan seperti biasa.

Baca Juga:  Cara Run SBYW Server

 

Penutup

 

Infi Friend, perhatikan beberapa hal berikut agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan langkah-langkah di atas.

  • Saat memasang data suara secara manual, pastikan di komputer tersebut tidak terpasang data suara dari vocalizer1 dan vocalizer2 atau vocalizer dari Freedom Scientific, supaya tidak terjadi penumpukan data suara.
  • Langkah-langkah Membuat Custom data suara dengan driver WorldVoice tidak disarankan jika Infi Friend tidak mengerti dengan struktural add-on NVDA.
  • Custom data suara tidak boleh dilakukan selagi Infi Friend masih memasang WorldVoice di NVDA, kecuali sudah mencopot pemasangan driver WorldVoice-nya terlebih dahulu. Lalu, jangan lupa hapus juga folder WorldVoice-workspace, yang terletak di folder nvda.
  • Jika WorldVoice tidak dapat membaca data suara, coba pasang VC++ Redistributable Packages 2012 sesuai yang disarankan oleh pengembang add-on ini.

 

Saya mengucapkan terima kasih banyak untuk mas Muhammad Gagah yang telah menginformasikan driver add-on ini, sehingga bisa menjadi alternatif baru untuk driver vocalizer di NVDA. Selain itu, add-on ini juga support dengan multy language, bahkan ada fitur keren lainnya yang bisa Infi Friend coba.
Sebelumnya saya mohon maaf, jika tulisan ini tidak menjelaskan secara terperinci dalam penggunaan fitur-fitur lainnya. Sebab, harapan penulis, Infi Friend bisa meng-explore sendiri, dan juga melalui explore tersebut Infi Friend bisa membagikan kepada teman-teman lain yang membutuhkan.

Jangan Pernah Berhenti Untuk Belajar!

 

Satu pemikiran pada “WorldVoice, ADD-ONS NVDA PENGGANTI DRIVER VOCALIZER”

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi !!