Merubah Partition MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data

hi Visitor, pernah mendengar istilah MBR atau GPT belum? atau malah tidak tahu sama sekali apa itu mbr dan gpt?
Sebelum kita membahas inti postingan kali ini, yuk kita kenali dulu keduanya agar wawasan kita semakin bertambah.

Apa Itu MBR?

Master Boot Record atau sering disebut juga (MBR) adalah sebuah tipe dari boot sector. Tugas MBR yaitu memegang informasi mengenai logical partition, yang juga berisi file sistem, dan yang mengatur sistem tersebut.
System MBR ini hanya mampu menampung penyimpanan sebesar 2TB, dan untuk partition-nya sendiri dibatasi sampai 4 partition saja.

Apa Itu GPT?

GPT atau singkatan dari GUID Partition Table merupakan bentuk standar dari layout untuk tabel partisi. Sesuai namanya, tabel partisi ini menggunakan GUID atau Global Unique Identifiers, yaitu 128 bit angka yang digunakan untuk mengidentifikasi Informasi yang ada dalam sistem komputer.
Selain itu kalau di bandingkan antara MBR dan GPT, gpt mampu munggunakan 128 partition primary, sedangkan MBR sendiri hanya 4 partition saja.

Baca Juga:  PENJELASAN TENTANG MARKDOWN (Versi Tunanetra)

Bagaimana Cara Merubah MBR Ke GPT?

Setelah visitor membaca pengertian singkat MBR dan GPT, mari kita lanjutkan bagaimana merubah dari MBR ke GPT tanpa kehilangan data ketika installasi windows 10.
Sebelum kita merubah MBR ke GPT, ada baiknya visitor mengerti dulu tentang installasi windows dan Command Prompt (Cmd)

Untuk merubah partition ini sebenarnya ada beberapa cara. ada yang menggunakan tools tambahan, ada yang menggunakan diskpart, dan ada juga yang menggunakan MBR2GPT bawaan dari windows 10 itu sendiri.
Nah, kali ini yang akan kita bahas merubah partition MBR ke GPT ini melalui MBR2GPT bawaan windows 10 yang bisa di akses melalui CMD.

Langkah-Langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke installasi windows 10 yang sudah di siapkan
  2. Ketika visitor sudah ada di tampilan I accept, silahkan tekan shift+f10 untuk membuka tampilan CMD
  3. Ketikan “diskpart” tanpa tanda kutip, dan tekan enter.
  4. Di tampilan Disk Part ini, kita akan mengecek hard disk mana yang sedang online.
    Ketikan “list disk” tanpa tanda kutip, untuk mulai menampilkan disk yang sedang online. Biasanya system akan menampilkan seperti berikut:
    Disk 0 Online 465 GB 2048 KB *
    Jika kita sudah mengetahui nomor berapa hard disk yang akan di rubah, silahkan ingat ataupun di catat terlebih dahulu agar tidak lupa
  5. Selanjutnya, tulis “exit” tanpa tanda kutip, untuk menutup jendela diskpart
  6. Setelah di tutup jendela diskpart, maka kita akan di bawa ke tampilan sebelumnya yaitu CMD.
    Di sini, coba ketikan “mbr2gpt /validate /disk:0” tanpa tanda kutip, untuk mengecek apakah hard disk bisa di rubah ke GPT atau tidak. Jika tidak bisa, akan keluar pesan kesalahan, tetapi jika berhasil, akan keluar output seperti ini:
    MBR2GPT: Attempting to validate disk 0
    MBR2GPT: Retrieving layout of disk
    MBR2GPT: Validating layout, disk sector size is: 512
    MBR2GPT: Validation completed successfully.
  7. Berikutnya, mari ketikan perintah “mbr2gpt /convert /disk:0” tanpa tanda kutip, untuk mulai merubah hard disk dari MBR ke GPT.
    Silahkan tunggu beberapa saat, sampai keluar output success.
  8. Terakhir, setelah semuanya selesai di konfigurasi, silahkan tutup jendela CMD dengan mengetikan perintah “exit” tanpa tanda kutip, dan tampilan akan kembali ke windows installasi.
Baca Juga:  Percaya Gak Sih, Kalo Youtube Premium Bisa Ada di Genggaman?

Info tambahan, metode ini bisa di gunakan jika kita menggunakan windows 10 installasi creator update atau yang lebih baru, dan pastikan juga sebelum melakukan langkah-langkah di atas untuk mem-backup data-data yang dirasa penting, agar ketika ada masalah yang diluar perkiraan kita, datanya tidak hilang.

Terakhir, semoga langkah-langkah di atas bisa membantu visitor untuk merubah type hard disk dari MBR ke GPT tanpa harus kehilangan data.

2 thoughts on “Merubah Partition MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *