Step by Step Panduan OCR Online dan Gratis dengan File Converter Agar Screen Reader Dapat Mengakses PDF Gambar di Android

Editor: Rino Jefriansyah, S. S.

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Hai Sobat, apa kabarmu? Semoga selalu sehat dan tetap produktif ya?

Aku datang dengan sebuah tutorial yang lebih menarik lagi nih! Lama rasanya ya, tidak corat-coret, membuat tutorial. Kangen rasanya, nge-blog di Mywapblog. 🙂 Ah, lupakan itu!

*Back To Learning!*

Okay sobat, kali ini aku mau bahas bagaimana caranya OCR atau Optical Character Recognition secara gratis di Android. Sebelumnya, aku jelaskan dulu, bahwa OCR ini sangat dibutuhkan penyandang difabel netra saat hendak mengakses file yang berisi gambar tulisan. Seperti dokumen yang memiliki gambar teks atau foto yang berisi teks. Pendek kata, file yang tidak bisa terbaca pembaca layar.

Tenang sob! Ada satu aplikasi yang bisa kalian unduh di Play Store dengan gratis kokk! Namanya File Converter Online Convert.

Nah, ditutorial ini, misalnya aku mau OCR dokumen Soal Bahasa Indonesia yang berbentuk PDF Image. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

 

  1. Selesai men-download File Converter dari Play Store, kita langsung buka aplikasinya.
  2. Lalu jelajahi layar dengan satu jari, ke kanan terus, sampai menemukan Document Converter. Sebagai gambaran, tampilan awal aplikasi ini menyediakan pilihan jenis file target seperti audio, foto, dokumen, arsip, video, metadata. Jika kita mau mengubah ke jenis audio, maka tap atau ketuk sekali pada Audio Converter., Kalau kita geser ke kanan terus, akan dijumpai beberapa tombol tambahan semisal tombol setting atau pengaturan, history atau hasil file hasil kerja convert kita, dan selanjutnya.
  3. Setelah terbuka halaman Document Converter, silakan teman-teman pilih format file dokumen TXT.
  4. Kemudian di halaman berikutnya, sobat bisa tap atau ketuk pada menu yang bernama select file.
  5. Akan terbuka tampilan aplikasi pengelola berkas kita.
  6. Cari file dokumen gambarnya. Format yang dapat di-OCR adalah DJVU dan PDF.
  7. Setelah ketemu, ketuk untuk memilih.
  8. Lalu kita akan diantarkan ke halaman option. Di sinilah, terdapat keterangan konvirmasi format file, nama file, dan target file. Jika kita geser ke kanan, akan bertemu tombol-tombol penting seperti option, delete, dan start convertion.
  9. Silakan teman-teman klik option. Setelah terbuka halaman baru, kemudian cari kotak centang OCR dengan geser ke kanan secara pelan-pelan. Begitu menemukan, centang dengan cara tap sekali.
  10. Selanjutnya, sobat-sobat geser ke kiri sampai menjumpai MBD menu Grafis yang berada persis di sebelah kanan home. Jangan ragu, ketuk menu itu untuk berbalik ke halaman sebelumnya tanpa merusak hal-hal yang sudah kita atur.
  11. Sehabis itu, kita langsung geser ke kanan sampai menemukan Start Convertion. Klik dua kali dengan cepat untuk mengaktifkan tombol.
  12. Proses upload, converting sekaligus OCR pun berjalan. Ingat! Pastikan jaringan internet berada dalam kondisi stabil, agar proses berjalan lancar.
  13. Semakin besar ukuran file, maka akan semakin lama prosesnya.
  14. Selesainya proses akan ditandai dengan kata-kata save your file jika kita geser ke kanan.
  15. Nah, di sebelah kanan save your file, ada menu download. Ketuk menu itu guna mengunduh file hasil convert dan OCR kita.
  16. File tersebut akan tersimpan selama dua puluh empat jam alias satu hari penuh, dan hanya kita saja yang mampu mengaksesnya di menu History yang berada di halaman awal aplikasi.
  17. Untuk memindahkan file hasil OCR itu ke tempat aman, sobat bisa buka pengelola file, lalu masuk ke dalam penyimpanan internal atau perangkat, kemudian cari saja folder Online Convert.
  18. Di ddalam folder inilah, file hasil OCR kita berada.
  19. Silakan sobat pindahkan ke tempat aman semisal penyimpanan eksternal, atau bahkan penyimpanan online.
  20. Selamat mencoba, semoga berhasil. Karena di ponsel Asus kesayanganku ini, sudah sukses beberapa kali dalam operasi. 🙂
Baca Juga:  Catatan Mas Prima Soal Didi Kempot

 

Demikian kawan, sedikit hal yang bisa aku sampaikan. Meski sudah lama dan banyak orang yang tahu tentang cara ini, semoga dengan tersedianya panduan dalam bentuk artikel ini setidaknya dapat memperkaya dan melengkapi yang telah ada.

Kalau memang ada kesalahan, aku minta maaf ya? Maklum, masih perlu banyak belajar ini! Terimakasih sobat, nantikan tulisan-tulisanku selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb…

 

Bantul, Yogyakarta:

Rabu, 02 September 2020M.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *