LANGKAH SETTING GOLD WAVE DAN MEMULAI PERSIAPAN RECORDING

Editor: Rino Jefriansyah, S. S.

 

Hello sobat BMT. Sobat tahu GoldWave kan? Ya, tepat sekali. GoldWave adalah software digital audio walk station, di mana fungsinya untuk recording dan editing audio. Mari kita kenali GoldWave lebih jauh!

A. Langkah Setting

  1. Buka GoldWave yang sudah terinstall di pc atau laptop kamu;
  1. Tekan f11 untuk memasuki jendela setting;

Pada interface setting ini kamu akan menemukan beberapa jendela tab, yakni:
I. Play tabselected
II. Record tabselected
III. Visual tabselected
IV. Device tabselected
V. System tabselected.

Untuk bernavigasi antar jendela setting, tekan panah kanan atau kiri. Selain itu, bisa juga mempergunakan CTRL+Tab untuk beralih.

  1. Langkah selanjutnya, arahkan pada jendela Device Tab. Lakukan konfigurasi setting device;
  1. Selanjutnya, kita bernafigasi menggunakan tombol tab atau Ship tab untuk beralih antar halaman setting.
    Dari jendela device tab, apabila kita tekan tab, tab pertama kita di tunjukan pada pengaturan playback. Yakni, pengaturan output atau keluaran suara dari GoldWave itu sendiri. Untuk setting bagian playback ini, penulis menganjurkan pada perangkat default device.
  2. Pada tab kedua, Screen reader akan menyebutkan button
    Test button, tab ini berfungsi untuk testing output dari GoldWave. Apabila kita tekan spacebar, maka akan terdengar bunyi beeb;
  3. Pada tab ketiga, kita dihadapkan pada setting latency (Delay). Arahkan pada angka paling rendah, sebagai langkah meminimalisir delay. Contoh, penulis mengarahkan pada angka 0.10;
  4. Pada tab keempat dan kelima, penulis sarankan tidak usah dikonfigurasikan lagi. Biarkan settingan ini pada posisi default-nya saja;
  5. Pada tab keenam ini, kita dihadapkan pada record grouping. Di mana kita akan memilih device, input recording;
  6. Di sini kita akan menemukan dua kategori input, yakni input microphone dan input loop back speakers. Mari kita kenali satu persatu:
Baca Juga:  Tips Singkat Meminimalisir Budaya Tanpa Tanda Baca Dikalangan Difabel Netra

Input Microphone

Input microphone adalah input microphone yang mampu melakukan penerimaan signal suara kita.

Input Loop Back Speakers

Input loop back adalah input yang hanya bisa menerima signal dari suara system windows. Dalam artian, yang terekam nantinya adalah suara screen reader, dan aneka output suara dari software yang terinstal di pc atau laptop kita.
8. Tab selanjutnya kita dipertemukan pada button test, sama saja fungsinya dengan button test sebelumnya, sebagaimana yang penulis terangkan di atas.
9. Pada tiga tab berikutnya, biarkan secara default, tekan tab beberapakali sampai menemukan Ok Button, kemudian tekan spasi atau enter.

B. Langkah recording atau perekaman

Pada langkah recording ini, cukup simple dan kita cukup persiapkan saja materi yang akan dibahas pada saat rekaman nanti. Langkah-langkah recording:

    1. Setelah kita lakukan pengaturan device tadi (input device loop back atau hanya microphone, disesuaikan tergantung kebutuhan), selanjutnya kita tekan ok button. Maka kita akan dikembalikan pada interface awal atau jendela kosong GoldWave, yang siap diisi dokumen baru;
  1. Untuk memulai recording, kita bisa menekan f9. Kita akan ditunjukan pada setup sebelum memulai perekaman. Dari situlah, screen reader akan membacakan seperti ini:
    Duration! Ok Button.
    Mulai darisini, kita akan melakukan pengaturan durasi perekaman dengan menekan tab sampai screen reader menyebutkan
    Recording duration: hh, mm, sst edit:
    10.0.
    Dari sini kita arahkan sampai angka paling bawah, yakni pada durasi 24 jam, agar kita tidak perlu mengira-ngira durasi perekaman, sedangkan perkiraan kita belum tentu betul;
  2. Setelah kita selesai mengatur durasi perekaman, kita bisa menekan ok button untuk selanjutnya dimulailah proses perekaman;
  3. Jika perekaman ingin kita jeda karena misalnya kita ingin kebelakang dulu, kita bisa menjeda perekaman (Pause) dengan menekan CTRL+F7. Untuk melanjutkan kembali (Resume) tekan CTRL+F7;
  4. Untuk mengakhiri erekaman, kita bisa menekan ctrl+F8;
  1. Langkah save file sama seperti kita menyimpan dokumen office, notepad, DLL. Kita mengisikan nama file dan ekstensi files, memilih direktori penyimpanan lalu klik save.
    Mudah bukan? Berani Mencoba GoldWave? Yuk, mulai ciptakan karya menggunakan GoldWave. Jangan ragu untuk mencoba, dan selamat berexplorasi!
    Untuk software GoldWave sendiri dapat diunduh melalui situs resminya di
Baca Juga:  Tutorial Teks Membuat Akun di infiartt.com

sini!

Apabila ada kritik atau saran pada tulisan ini, silahkan bisa disampaikan melalui kolom komentar.

One thought on “LANGKAH SETTING GOLD WAVE DAN MEMULAI PERSIAPAN RECORDING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *