Copy Paste Dan Mengenal Selection time Pada GoldWave

Editor: Rino Jefriansyah, S. S.

 

Hi Visitor! Kemarin penulis hadirkan

Langkah Setting GoldWave dan Memulai Persiapan Recording.

Kali ini penulis akan kembali hadirkan tips atau tutorial tentang GoldWave. Yakni, bagaimana kita melakukan copy paste bagian audio. Juga belajar menggunakan selection time menggunakan start marker dan finish marker. Selanjutnya, kita akan memotong dan menghapus bagian yang telah kita seleksi. Maka dari itu, perhatikan artikel sebelumnya yaa yang sudah penulis post beberapa hari lalu! Sekarang, kita mulai satu per satu!

A.    COPY PASTE BAGIAN AUDIO

Visitor, mungkin anda pernah melakukan copy paste di program pengolah kata seperti Notepad, Microsoft office, wordpad, DLL. Tapi, apakah visitor pernah punya anggapan bahwa copy paste hanya bisa dilakukan pada program pengolah kata saja? Kalau ia, lebih baik hapus anggapan tersebut. Karena tindakan copy paste bisa dilakukan juga pada program untuk editing auddio lho. Seperti pada GoldWave, yang akan penulis sampaikan untuk Anda. Sebelumnya untuk memperjelas, mari kita ketahui dulu bersama-sama, apa itu copy paste?

Dilansir dari berbagai sumber yang kemudian penulis simmpulkan, pengertian copy paste adalah proses penyalinan; baik itu sebuah dokummen, sebagian besar dari audio, atau keseluruhan dari audio. Lalu disalin pada clipboard, untuk selanjutnya kita tempelkan pada bagian yang telah kita tentukan. Tindakan copy paste ini bisa dilakukan pada program pengolah kata, bahkan pada program untuk editing audio seperti GoldWave yang akan kita bahas. Ayo kita coba lakukan copy paste pada GoldWave:

  1. Silahkan buka GoldWave yang sudah terinstall pada laptop atau PC Anda;
  2. Lakukan proses open file. Ada dua cara untuk open file, cara panjang dan cara singkat. Pertama-tama, kita mulai dari cara panjang:
Baca Juga:  Instalasi TeamTalk 5 Server Pada CentOS 7

Cara Panjang

  • Tekan menubar atau tombol Alt. Kemudian gulirkan ke bawah menggunakan panah bawah atau down arow. Sampai screen reader mengatakan, Open… Ctrl+O;
  • Klik pada menu tersebut, lalu pilih direktori mana tempat anda menyimpan file audio untuk percobaan Anda;
  • Jika sudah, kita tekan enter pada file audio yang ingin kita buka pada GoldWave. Sebagai contoh, penulis akan membuka file yang berjudul

Indonesia_Raya_1_Stanza.hd.mp3.

Cara Singkat

  • Cara singkat cukup menekan CTRL+O. Lanjutnya, ulangi poin kedua dan ketiga di cara panjang.

Konsep:

 

  • Setelah visitor memilih cara apa untuk membuka file-nya, sekarang mari kita samakan konsep audio yang akan kita buat dahulu;
  • Sebelumnya, visitor mempunyai file audio,

Indonesia_Raya_1_Stanza.hd.mp3.

Konsepnya akan kita buat mem-paste awalan yakni file audio suara saya yang akan memberikan aba-aba menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dimulai!

  • Jika sudah membuka audio yang dimaksud, mari kita mulai!

Note: langkah membuka file sama, ya!

  • Berhubung GoldWave ini tidak mendukung multy track, untuk beralih file audio, kita menggunakan CTRL+Tab. Atau juga bisa menggunakan cara beralih jendela window. Kita arahkan pada jendela file audio aba-aba (audio aba-aba ini adalah sebutan kita untuk audio yang berisi suara kita yang berkata menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, dimulai!);
  • Lakukan pengeblokan keseluruhan dengan menekan CTRL+A. Kemudian, men-copy-nya menekan CTRL+C;
  • Selanjutnya, kita beralih pada file
Baca Juga:  Ngobrol Santai Seputar Dampak Kata Terserah

Indonesia_Raya_1_Stanza.hd.mp3.

 Berhubung kita akan mem-paste pada bagian awal sebelum Indonesia Raya, maka terlebih dahulu kita arahkan posisinya pada bagian awal dengan menekan CTRL+Home. Lalu, kita paste dengan menekan CTRL+V. Mudah bukkan?

 

B.    Mengenal Start Marker, dan Finish marker (Selection time)

 

Jika sebelumnya kita sudah belajar copas, berikutnya kita belajar mengenal start marker dan finish marker:

Start Marker

Start marker atau pengeblokan pembuka pada posisi waktu saat ini atau posisi awal yang diinginkan dari audio. Shortcut-nya menggunakan tombol left bracket atau [.

Finish Marker

Sedangkan finish marker ini berfungsi sebagai pengeblokan akhir atau penutup. Dalam kata lain, apabila visitor sudah melakukan pemblokan awal atau mengawali bagian tertentu dengan start marker, maka gunakan finish marker sebagai penutup blok. Lakukan penutupan dibagian yang diinginkan dengan shortcut-nya right bracket atau ].

Dari sini, penulis yakin visitor sudah bisa mengira maksud dari yang penulis uraikan di atas. Jika belum paham, silahkan visitor pelajari kembali. Jangan lupa sambil dipraktekan dan terus berexplorasi.

Baca Juga:  InfiArtt Podcast Sharing Online 01 - Cloud Vision & LION NVDA Add-Ons - June 30, 2020

 

C.     MELAKUKAN PENGHAPUSAN PADA BAGIAN YANG SUDAH DI BLOCK

 

Untuk file percobaan, kita masih menggunakan file tadi. yakni,

Indonesia_Raya_1_Stanza.hd.mp3.

Anggap saja kita akan memotong bagian aba-aba yang kita paste-kan tadi. Perhatikan langkah-langkah berikut:

 

  1. Lakukan pengeblokan finish marker, dengan menekan right bracket setelah audio selesai diputar. Ingat, jangan sampai bagian Indonesia Raya ikut ter-block. Harus hati-hati ya!
  2. Untuk memastikan bagian yang sudah ter-block dengan finish marker, silahkan putar dengan menggunakan tombol f3, atau bisa juga menggunakan tombol CTRL+LeftBracket;
  3. Untuk menghapus bagian yang sudah di-block, silahkan menekan tombol delete;
  4. Untuk memastikan bagian yang sudah ter-block sudah terhapus atau belum, silahkan di putar dari awal file, dengan menekan F2;
  5. Langkah ini bisa dilakukan juga apabila kita ingin menghapus bagian akhir dari sebuah file audio.

 

Nah visitor, kiranya pembahasan tentang GoldWave edisi kali ini cukup sampai sini dulu. Silahkan visitor explorasi terus menerus. Selain itu, jangan lupa untuk perhatikan langkah demi langkah di atas yang sudah penulis jelaskan dengan cermat dan teliti.

One thought on “Copy Paste Dan Mengenal Selection time Pada GoldWave

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *