Terbang Bersama Eurofly Bag II

Halo para calon pilot! Kalau pada edisi sebelumnya telah diberikan gambaran tentang game eurofly, kali ini saya ingin mengajak kita untuk berkenalan dengan menu-menu di game ini.

Pertama, tentu saja kita sudah memasang game Eurofly ini. Bagi yang belum punya, silahkan download di laman STEFAN KISS di

sini

atau bisa juga di

sini!

Cara pemasangannya mudah kok. Tinggal next-next saja seperti biasa.

Langkah kedua, silahkan buka game Eurofly tersebut yang ada di desktop list. Tunggu beberapa saat hingga game-nya terbuka. Kita akan disapa oleh suara narratornya, Nathan, dengan “Welcome to Eurofly.”

Ketiga, kita akan disajikan menu-menu dalam game ini. Di Seteiap menu, Nathan akan memandu kita. Baris menu pertama berisi About Eurofly.

About Eurofly ini berisi keterangan tentang maskapai Eurofly yang memang nyata adanya, yang berasal dari Slowakia.

Di baris berikutnya, Nathan berkata “Task”. Di dalam menu inilah kita akan mendapatkan jabatan pilot berdasarkan proses yang telah dilalui. Sesuai penjelasan seputar Eurofly di atas, kita akan ditantang untuk menyelesaikan misi demi misi dengan ketentuannya masing-masing. Sebagai apresiasi, tentu saja jabatan pilot yang terus naik hingga inspector.

Pada baris menu ketiga, Nathan berkata “Free Flying.” menu ini merupakan tempat untuk melatih skill kita dalam melakukan penerbangan–bagaimana cara membawa pesawat itu dengan baik dan benar. Bisa dibilang, hampir sama dengan task. Bedanya, kita memang bebas terbang ke mana saja, namun tak disertai kenaikan jabatan. Hanya sekadar belajar cara bermain.

Baca Juga:  Wajib Diketahui, Daftar Tombol Shortcut pada Gold Wave

Baris menu berikutnya adalah Manual Walking Through Map. Dalam menu ini, kita bisa mengetahui gambaran peta yang dibacakan langsung oleh pembaca layer, bisa juga untuk mengetahui koordinat sebuah bandara. Bahkan, kita dapat me-request bandara berdasarkan koordinat yang kita ketahui melalui pencarian di internet. Setelah mendapat koordinatnya, kita bisa mengetahui lokasi bandara tersebut. Untuk saat ini, lokasi di dalam peta Eurofly dengan kenyataan tidak sama. Nanti apabila kita sudah mendapatkan segala yang diperlukan untuk request bandara, data-datanya bisa dikirimkan melalui email Stefan Kiss.

Selain itu, kita bisa membuat task sendiri. Kita dapat mengatur bandara asal, bandara tujuan, berapa kali transit, dll.

Baris menu berikutnya adalah Profile. Kita harus punya profil dulu agar dapat bermain game. Silahkan buka menu profile dan pilih create new profile. Isi sesuai keinginan kita lalu tekan enter setelah selesai. Di menu profile ini juga, kita dapat menghapus profil yang sudah ada dengan memilih remove profile. Silahkan pilih profile yang akan dihapus.

Baca Juga:  Percaya Gak Sih, Kalo Youtube Premium Bisa Ada di Genggaman?

Baris menu berikutnya, ada Voices. Disini kita dapat memilih pembaca layar yang telah terpasang di komputer. Kehebatan di menu ini, kita dapat mematikan pembaca layar yang sedang kita gunakan. Sebab, Eurofly sudah mengetahui pembaca layar yang kita gunakan dan tentu sebelumnya sudah diatur di menu voices ini.

Baris menu berikutnya, ada Options. Sesuai dengan namanya, di sini kita bisa atur hal-hal yang diinginkan, misalnya pengaturan audio, jam keberangkatan, dan lain-lain.

Baris menu selanjutnya, ada Test Your Speaker. Disini kita bisa mengetahui kualitas headset, headphone, atau earphone yang sedang digunakan–apakah terbalik dalam pemasangannya atau hal-hal lainnya. Patut diketahui, salah satu syarat untuk bermain Eurofly ini adalah kualitas sound harus stereo.

Selanjutnya, ada menu Add-Ons. Menu ini bukan untuk NVDA ya, tapi tentu saja untuk Eurofly. Add-ons yang dimaksud dalam game ini terkait dengan kenyamanan kita menggunakan pemandu bandara (towers dan ground) serta steward (pramugara/pramugari). Kenyamanan yang dimaksud ialah bahasa yang mereka gunakan terhadap kita. Secara default, bahasa yang diberikan game ini adalah bahasa Inggris. Bagi yang tidak bisa berbahasa Inggris dan ingin dipandu dan dilayani dengan bahasa Indonesia, pilihannya telah tersedia di sana.

Baca Juga:  Coretan Mas Rexya

Tower dari Indonesia disuarakan oleh Faiz. Ground dari Indonesia disuarakan oleh Rangga. Dan steward dari Indonesia disuarakan oleh Satria Ajus Bali. Silahkan kita unduh semuanya dan silahkan remove default-nya di menu install.

Menu berikutnya, ada About The Program. Disini kembali disampaikan informasi tentang game ini yakni tentang pengembang, alamat website, dan alamat email pengembang.

Barisan menu terakhir adalah exit. Tentu saja menu ini berfungsi untuk keluar dari game. Kita tidak bisa menutup game ini dengan menekan alt f4, melainkan harus menggunakan menu exit.

Nah demikian dulu seputar menu-menu yang ada di game ini. Nantikan keseruan bermain Eurofly diedisi berikutnya yang pastinya semakin menarik untuk disimak.

Penulis: Rino Jefriansyah, S. S.

Editor: Fugy Iin Saputri

Tulisan ini pernah dimuat di

Majalah Gema Braille

edisi anak-remaja November-Desember 2019. Majalah braille berskala nasional pertama di Indonesia untuk teman-teman disabilitas netra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *