Catatan Sederhana: 3 Website Yang Bisa Menambah Referensi dan Ramah Pembaca Layar

Penulis: Akbar_AP223

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat hari ini Infi Friend. Bagaimana kabar sobat? Semoga bahagia, sehat, dan semakin produktif. So, malas rasanya banyak berbasa-basi, sehingga langsung to the point saja yaa!

Well, pada kesempatan kali ini, penulis akan sedikit menulis sebuah catatan sederhana, mengenai website-website yang aksesibel bagi pengguna pembaca layar. Baik di smartphone, maupun pc. Website yang penulis kumpulkan ini, hanya sekedar pengetahuan bagi pembaca, bukan bermaksud menilai dari segi ranking.

Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan singkatnya di bawah ini!

 

1. Website BlindHelp.

Jika sobat tengah membutuhkan software smartphone dan pc yang sudah terjamin aksesibel, situs ini sangat direkomendasikan. Tampilannya yang ramah dan sederhana, cara pengunduhan yang mudah, dan vasilitas yang lengkap layaknya perpustakaan, semakin menambah nilai plus bagi pengunjung. Website berbahasa Inggris ini, telah ada sejak beberapa tahun lalu.

Uniknya lagi, BlindHelp juga menyediakan software secara cuma-cuma atau gratis! Semua software-nya gratis, tidak terkecuali software premium. Jika di tempat lain pengunjung diharuskan membeli, di sini sudah tersedia dalam versi gratis karena sudah di-crack atau diedit.

Baca Juga:  Guruku Indonesiaku

Nah, tunggu apalagi? Jika berminat, silakan kunjungi website ini di

sini!

Dengan catatan, kalau belum menguasai bahasa Inggris, wajib mengaktifkan fitur penerjemah di browser masing-masing.

Cara unduh software di BlindHelp cukuplah mudah. Silakan buka browser di perangkat, ketikan alamat website BlindHelp atau klik

ini,

lalu buka link software, kemudian cari software yang dibutuhkan. Bisa juga menggunakan fitur search atau pencarian, jika ingin lebih cepat. Setelah ketemu si software, silakan telusuri sampai menemukan link download atau unduh, selanjutnya tinggal klik atau select buat mendownloadnya.

 

2. Website Z Library.

Bagi sobat pecinta buku tapi kantong menipis sehingga tidak bisa membelinya, jangan cemas! Karena beberapa waktu lalu penulis menemukan sebuah website ebook berbahasa Inggris yang aksesibel bagi pembaca layar. Tampilannya sederhana, tidak banyak iklan, dan kelengkapan ebooknya pun cukup membantu.

Ebook di Z Library terdiri dari beragam bahasa, seperti Indonesia, Inggris, Italia, dan lain-lain. Kategorinya pun beragam, antara lain fiksi, non fiksi, sejarah, agama, dan sebagainya.

Berdasarkan pengalaman penulis, semakin mantap lagi jika membuat akun di Z Library. Registrasinya pun tidak ribet. Z Library juga tersedia dalam versi robot Telegram. Kalau penasaran, bisa segera dikunjungi lewat link

Ini.

Baca Juga:  Braille Dalam Perangkat Teknologi

Cara mengunduh ebooknya tetap sama, baik bagi yang belum punya akun atapun yang sudah punya akun. Tinggal ketik kata kunci yang dibutuhkan di menu search atau pencarian, kemudian pilih salah satu judul, lalu klik atau select link download=format=ukuran file.

Sebagai contoh, penulis mengetikan kata kunci buku pendidikan di menu search. Lalu penulis pilih salah satu judul, kemudian penulis klik link download pdf 5.2mb, tunggu sampai selesai, dan akan tersimpan di folder download atau unduhan.

 

3. Website PDF Drive.

Sama seperti Z Library, PDF Drive menyediakan banyak ebook secara gratis. Bedanya, perangkat smart phone-lah yang direkomendasikan untuk menjelajah dan jika pertama kali berkunjung, kita harus mematikan notivikasi yang masuk di browser dengan cara klik tombol close. Memang agak sulit sih karena harus menelusuri layar sampai ketemu tombol close. Kalau sudah diklik, berarti telah aman untuk berpetualang di website ini.

Cara unduh ebook-nya cukup mudah. Tinggal klik menu java skrip nol di sebelah atas bagian kanan buat membuka menu pencarian. Ketik kata kunci, sebagai contoh, ketik Buku Sejarah Indonesia.

Baca Juga:  Tutorial Teks Membuat Akun di infiartt.com

Lalu pilih judul yang diinginkan. Kemudian telusuri sampai ketemu link download. Masih ada satu langkah lagi. Setelah terbuka halaman berikutnya, sobat tinggal cari link download (pdf) atau go to pdf untuk mengambil ebooknya. Hasil unduhan akan tersimpan di folder download atau unduhan.

 

Demikianlah sobat, sedikit ulasan dari penulis, daftar website yang bisa dijadikan referensi. Mohon maaf kalau masih bertele-tele dan kurang begitu bisa dipahami. Jika masih bingung, silakan kontak penulis di inbox

Facebook Akbar Ariantono Putra

dan DM

Instagram @akbar_arian223

Terima kasih. Sampai bertemu lagi di tulisan selanjutnya! Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Bantul, 25 Februari 2021.

👍🏽)

Akbar_AP223
Author: Akbar_AP223

Seorang pembelajar. Yang bermimpi ingin menjadi pendekar yang dermawan. Mampu mengarungi samudra kekurangan dengan bahtera keyakinan & bekal wawasan yang berusaha selaras di dalam aliran yang dinamis. Kemudian, saya berasal dari Yogyakarta, kota yang berisi aneka rasa manis, serta semoga bisa menyajikan kenangan dan kebermanfaatan yang manis.

Tinggalkan komentar

error: Konten terlindungi !!