Fitur Baru di Google Talkback Bersi 9.1

Penulis: bayu aji

Halo semua, di sini aku akan memberi pengumuman penting nih… Untuk kalian yang menggunakan Talkback sebagai screen reader utama di Android, harus tahu. Google baru saja memperbaharui Talkback. Di dalam pembaruan tersebut, terdapat beberapa fitur baru yang menarik. Apa saja fitur baru tersebut? Baca artikel ini sampai selesai!

Penggabungan Menu Konteks Lokal dan Global

Seperti yang kita ketahui, Pada Talkback versi sebelumnya terdapat 2 menu konteks. Yaitu, menu konteks global dan menu konteks lokal. pada Talkback versi 9.1, kedua menu ini dijadikan satu. Yaitu, menu Talkback. Untuk membuka menu Talkback, bisa dilakukan dengan cara mengusap layar ke bawah lalu ke kanan.

Kita Bisa Mengatur Submenu Dalam Menu Talkback

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menu talkback berisi submenu gabungan konteks global dan menu konteks lokal. Talkback di bversi 9.1, kita dapat mengatur submenu apa saja yang akan muncul saat membuka menu talkback. Cara untuk mengaturnya adalah masuk ke pengaturan telepon, lalu cari menu aksesibilitas, cari Talkback, lalu masuk ke pengaturan. Ssst menu di pengaturan Talkback versi terbaru ini juga lebih sederhana. Cari sesuaikan menu. Setelah dibuka, terdapat 2 pilihan. Yaitu, sesuaikan menu Talkback dan sesuaikan menu pembacaan. Kita pilih menu yang pertama. Untuk menampilkan submenunya sesuai selera, kita tinggal mencentang pilihan yang ada dan kita suka. Untuk menyembunyikan tinggal hapus centang.

Baca Juga:  Typora, Markdown Editor Yang Aksesibel

Perintah Suara di Talkback

Untuk kita yang merasa kesulitan saat bernafigasi di layar, Talkback menghadirkan fitur perintah suara. Dalam fitur ini kita dapat bernafigasi di layar hanya dengan mengucapkan perintah melalui suara. Untuk mengaktifkan fitur ini, dapat dilakukan dengan cara mengusap layar ke kiri lalu ke atas. Perintah yang dapat diucapkan antara lain:

  • Kembali
  • Salin
  • Baca dari atas
  • Lain-lain

Itu dia fitur baru dalam pembaruan Talkback versi 9.1. Untuk mendapatkan fitur tersebut dapat dilakukan dengan cara meng-update aplikasi rangkaian fitur aksesibilitas di Playstore. Selamat menggunakan talkback versi terbaru, sampai jumpa!

bayu aji
Author: bayu aji

Tinggalkan komentar

error: Konten terlindungi !!