Skrip WhatsApp web untuk penguna Screen Reader

Editor: Rino Jefriansyah, S. S.

 

Seperti yang kita ketahui, WhatsAppp adalah suatu aplikasi sosial yang saat ini digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dimulai dari pengguna biasa hingga pembisnis, WhatsAppp dapat menggantikan fitur telepon dan pesan singkat yang ada di handphone. WhatsAppp bahkan memiliki platform yang bernama WhatsAppp web, di mana kita dapat mengakses WhatsAppp dengan mudah di manapun dan kapanpun melalui web browser. Dengan mengunjungi alamat web

web.whatsapp.com.

Dari sisi aksesibilitas untuk pengguna screen reader, dapat diperhatikan bahwa aplikasi WhatsAppp pada handphone sendiri sudah sangat baik. Bagaimana dengan WhatsAppp Web? Setelah penulis menggunakan WhatsAppp web selama beberapa bulan, dapat  disimpulkan bahwa aksesibilitas WhatsAppp web terus membaik seiring berjalannya waktu. Hanya saja terdapat beberapa masalah seperti: tombol-tombol yang tidak berlabel, navigasi yang sedikit rumit, dan lain-lain.

Menyikapi masalah tersebut, penulis telah menemukan suatu skrip yang dibuat khusus untuk pengguna screen reader yang bernama Script for the blind to use WhatsApp Web with more accessibility. Berikut adalah kutipan dari pengembang skrip tersebut:

Baca Juga:  TeamTalk, Media Sosial Milik Tunanetra

Hello guys! In this video, I talk a little about accessibility and usability. Specifically on WhatsApp Web. I share a script I made so that we, screen reader users, can work with WhatsApp on the computer with more autonomy, practicality and confidence. – Halo teman-teman! Dalam video ini, saya berbicara sedikit tentang aksesibilitas dan kegunaan. Khususnya di WhatsApp Web. Saya membagikan skrip yang saya buat ini bertujuan untuk kami pengguna pembaca layar, dapat bekerja dengan WhatsApp di komputer dengan lebih otonom, praktis, dan percaya diri.”

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton videonya di

sini!

 

Cara instalasi dan penggunaan skrip:

  • Pastikan teman-teman menggunakan web browser yang didukung oleh skrip. Yaitu, Google crome, Firefox, Microsoft Edge, ataupun Opra. Lanjutkan dengan menginstal extensi ataupun addon tamperMonkey. teman-teman dapat mencari extensi ataupun addon ini dengan mengetikkan TamperMonkey for browser yang teman-teman gunakan, misalnya tamper monkey for google crome. Untuk lebih mudah lagi, berikut penulis lampirkan link menuju ke halaman pemasangan tamper monkey untuk setiap browser yang didukung:
Baca Juga:  Spesial Akhir Tahun, mengenal Eks Member Sabyan Gambus

Klik di sini untuk pengguna Crome,
klik di sini untuk pengguna Firefox,
klik di sini untuk pengguna Microsoft Edge,
dan klik di sini untuk pengguna Opra.

  • Setelah selesai dengan pemasangan extensi diatas, kunjungi halaman berikut di
    sini!
  • Temukan button yang bertuliskan install skrip pada halaman tersebut lalu tunggulah beberapa saat, dan skrippun siap untuk digunakan! Lanjutkan dengan membuka
    whatsapp.com.
  • Selanjutnya, halaman whatsApp terbuka dengan sepenuhnya. Tekan kombinasi tombol alt+s untuk mulai menjalankan skrip dan pilih ok ketika ada kotak dialog yang muncul. Skrip ini awalnya berjalan dengan menggunakan bahasa portugis, teman-teman dapat menggubahnya dengan cara menekan kombinasi tombol alt+l dan pilih english pada combo box yang muncul.

Saat skrip ini berjalan, maka ada beberapa perubahan yang terjadi pada halaman WhatsApp web. Berikut adalah perubahan tersebut:

  1. Adanya heading atau judul yang dapat ditemukan dengan menekan huruf h. heading ini akan membantu teman-teman dalam bernavigasi ke chat list dan ke tombol detail chat.
  2. Beberapa tombol telah diberi label dengan benar, seperti record voice messege, emogy dll.
Baca Juga:  Merubah Partition MBR Ke GPT Tanpa Kehilangan Data

Tidak hanya itu, skrip ini juga menyediakan beberapa kombinasi tombol atau shortcut yang dapat teman-teman gunakan untuk mempermudah navigasi. berikut adalah daftar shortcut tersebut:

  • alt+s: menghidupkan ataupun mematikan skrip.
  • alt+l: ganti bahasa skrip.
  • alt+c: membawa fokus screenreader ke chat list.
  • alt+e: membawa fokus screenreader ke kotak edit pesan.
  • alt+m: membawa fokus screenreader ke messege list.
  • Alt+t: membacakan jendela chat yang saat ini terbuka.
  • alt+A: masuk ke menu attachment.
  • alt+b: membawa fokus ke kotak pencarian chat ataupun kontak.

Semoga artikel dan skrip ini dapat membantu teman-teman dalam menggunakan Whats app web dengan lebih nyaman. Thanks for reading.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *