Review Blog Ponsel Sejuta Umat, MyWapBlog Reborn!

Editor: Rino Jefriansyah, S. S.

 

Hai Infi Friends, selamat hari ini. Di tulisan selanjutnya, saya akan me-review blog ponsel sejuta umat yang telah reborn. Baca sampai selesai!

Infi Friends, pernahkah nge-blog di MWB (mywapblog.com)? Pasti dong. Blog MWB memang blog yang ramah ponsel, belum lagi dalam mengelola postingan di blog MWB relatif mudah. Cukup dengan ponsel, kita bisa buat postingan sesuai dengan minat kita.

Jika menggunakan blog lain selain MWB, banyak kendala yang dialami para blogger. Seperti tampilan yang tidak mendukung ponsel dalam membuat postingan melalui surel. Sehingga, para blogger disaat itu kesulitan dalam membuat postingan.

Sejak tahun 2008, demi menjawab perkembangan jaman dan memenuhi kebutuhan user, dibuatlah blog yang ramah ponsel. MWB adalah blog satu-satunya yang dipercaya sebagai blog ponsel pertama di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Pada waktu itu, para pengguna ponsel seperti BlackBerry, Symbian, dan Java suka dengan tampilan blog satu ini. Tampilan yang simpel membuat para pengguna ponsel kala itu tertarik membuat blog di platform tersebut. Sudah banyak pengguna yang membuat postingan di sana. Seperti tips & trik, software, tutorial, hingga berbagi buku-buku elektronik gratis, dan sebagainya.

Baca Juga:  CINTA DALAM HATI COVER

Tahun 2011 awal, platform blog ponsel sejuta umat digemari oleh teman-teman disabilitas terlebih tunanetra. Postingan yang dibagikan juga beragam dari berbagi aplikasi symbian dan aplikasi komputer, sampai karya-karya musik yang dibuat sendiri. Di tahun itulah, blog ponsel ini sudah banyak dikenal oleh hampir semua kalangan.

Kebahagiaan itu berlangsung hingga tahun 2015. Pasalnya di tahun itu, MWB akan tutup pada Bulan November 2016. Para blogger MWB saat itu merasa kecewa karena saat membuat postingan baru, mendapat pemberitahuan semacam ini. Terlebih lagi, mereka diberi pilihan. Yaitu, mencadangkan semua postingan mereka sebelum blog tutup.

Banyak dari blogger MWB mencadangkan postingan mereka, sehingga bisa diimpor di platform lain. Namun, banyak juga dari blogger MWB lain yang tidak bisa mencadangkan postingan mereka. Sebagai konsekuensinya, postingan di MWB lenyap bersamaan dengan tutupnya blog ponsel sejuta umat tersebut.

Akibatnya, banyak dari para blogger MWB bermigrasi ke blogger, wordpress, medium, dll. Sebagian yang lain mencari blog ponsel yang sejenis. Namun nampaknya, blog ponsel tersebut tidak sesederhana MWB. Di antaranya, WapBlogID dan BlogPonselNet.

Baca Juga:  BELAJAR DARI GAMES DEAL OR NO DEAL : HARGAI PILIHANMU

Saya sendiri pernah mencoba WapBlogID. Memang dari awal hampir mirip dengan MWB, Tapi dalam perkembangannya, WapBlogID makin susah dibuka oleh browser ponsel symbian. Untuk masuk ke sana juga susah. Akhirnya, banting stir ke blogspot atau wordpress.

Dibalik kekecewaan yang dialami, MWB juga punya aplikasinya, lho! Cari saja dengan kata kunci: “MyWapBlog.apk” di internet. Atau cari saja di APKPure, UpToDown, AndroidAPKSFree, 9Apps, APKCombo, APKMong, dll.

Kembali ke MWB! Sudah empat tahun ditutup, MWB dibuka kembali! Pada Bulan September 2020 lalu, MWB telah dibuka kembali dengan laman yang baru! Untuk tampilan awal hampir sama, apabila kita sudah daftar, rasakan sendiri perbedaannya dari MWB dulu dan sekarang!

Jika Infi Friends mau mencoba, bisa klik link

damai.jw.lt

di browser ponsel pintar atau di komputer/PC. Untuk tutorialnya sudah banyak di internet, tinggal dieksplor saja MWB reborn-nya.

Akhir kata, semoga blind blogger makin semangat lagi membuat postingan di MWB baru ini. infi Friends khususnya tunanetra bisa berbagi pengetahuan dan hal-hal yang lain di blog ponsel sejuta umat ini, sekaligus nostalgia menggunakan MWB. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *