PENJELASAN TENTANG MARKDOWN (Versi Tunanetra)

Penulis: primaagussetiyawan

Bagi mereka yang berada di kantoran, sekolah, kampus, maupun lembaga instansi, pasti membutuhkan aplikasi editor teks. Yang bisa digunakan dalam mengerjakan tugas seperti paper, proposal, skripsi, tesis, desertasi, surat -menyurat, dll. Biasanya, semua kerjaan menggunakan Microsoft Office, terlebih Microsoft Word yang menjadi aplikasi yang sering digunakan.
Untuk pengguna laptop atau pc yang speknya rendah, pasti sudah uring-uringan ketika membuka Microsoft Office Word. Keluhan-keluhan yang paling sering ditemui para pengguna MS Word, yaitu lola (loading lama). Dalam mempelajari MS Word, tidak semuanya dipelajari seratus persen (100%). Hanya sebagian saja yang seringdipelajari seperti pemformatan, layout, surat, formulir, dll.

Apakah MS Word mendukung markdown (md code)? Sayang, MS Word tidak mendukung format md code. Agar bisa mendukung md, dibutuhkan aplikasi/software lain yang mendukung markdown. Ada beberapa software markdown editor yang bisa digunakan untuk para pengguna pc.

Berikut ini saya sebutkan beberapa aplikasi markdown editor untuk pc secara acak. Karena di Windows, MAC, dan Linux banyak macamnya.

  1. IA Writer
  2. Typora
  3. Notable
  4. Renote
  5. Markdown Monster
  6. Ghost Writer
  7. Masih banyak lagi.
Baca Juga:  NVDA Portable 2022.1

Apabila diklasifikasi, IA Writer lah yang mendapat perolehan teratas dengan pesaingnya. Selain menempati juara unduhan terbanyak, IA Writer diunduh tiga (3) platform, yakni android, IOS, dan windows. Typora menempati posisi kedua setelah IA Writer. Meski begitu, Typora tak kalah dengan IA Writer. Bahkan Typora memang menjadi aplikasi alternatif MS Word!

Bagaimana dengan Notable? Notable adalah markdown editor untuk perangkat Linux OS, sama halnya dengan Re-Note. Saya tidak tahu sama sekali soal Linux, karena saya pengguna Windows.

Terakhir, Ghost Writer dan Markdown Monster adalah markdown editor untuk Windows. Selain kedua app ini, adakah software selanjutnya? Ada beberapa software yang tidak saya masukkan ke dalam daftar, yaitu Markdown Pad. Markdown Pad ini spesial untuk Windows OS.

Web App Markdown Editor

Tak hanya berupa software untuk android, IOS, MAC, dan Linux, di browser pun kita bisa melakukan eksperimen, atau membuat tugas dengan markdown editor berbasis web app. Dari semua situs yang saya eksplor, terdapat empat (4) situs yang menjadi eksperimen saya dan aksesibel. Berikut daftar empat (4) web app yang menjadi eksperimen markdown:

Baca Juga:  Kecerdasan Alami (human) vs Kecerdasan Buatan (AI)

Markdown Live Preview:

Prima Agus Setiyawan
Author: Prima Agus Setiyawan

My name is Prima Agus Setiyawan. I'm a blind people from Yogyakarta. Kelemahan bukan penghalang, justru dibalik keterbatasan inilah ada kelebihan. Selalu bermanfaat meski dalam keterbatasan.

Tinggalkan komentar

error: Konten terlindungi !!